Info Terbaru
recent

Coban Rondo, keindahan alam yang bercampur nuansa mistis

IDNPortal.com - Bagi yang suka ke Kota Batu atau ke Desa Pandensari, Kec. Pujon, Malang Raya, Jawa Timur pasti sudah tidak asing dengan Coban Rondo atau Air Terjun Janda.
coban-rondo-keindahan-alam-yang-bercampur-nuansa-mistis
Coban Rondo, Malang Raya, Jawa Timur via www.ixotrans.com
Menurut cerita yang sudah melagenda turun temurun. Air terjun ini merupakan saksi bisu kisah cinta antara Raden Barun Kusumo dan Dewi Anjarwati. Pasangan yang baru menikah ini terpaksa berpisah karena niat jahat dari Joko Legowo yang tertarik dengan kencantikan Dewi Anjarwati.

Raden Baron Kusumo berusaha melindungi istrinya dan menyuruh Dewi Anjarwati untuk bersembunyi di balik coban (air terjun) yang ada di Gunung Anjasmoro. Namun sayang Raden Baron Kusumo gugur begitupun dengan Joko Lenowo si penggangu, sedangkan Dewi Anjarwati menangisi nasibnya begitu mengetahui suaminya gugur dalam pertarungan. Itulah sebabnya air terjun ini bernama Coban Rondo atau Air Terjun Janda.
coban-rondo-keindahan-alam-yang-bercampur-nuansa-mistis
Tangga menuju Coban Rondo via savejonesbeach.com
Ketinggian air terjun ini mencapai 84 meter dengan debit air 90 liter per detik pada musim kemarau dan 150 liter per detik pada musim hujan. Kalau ingin menelusuri lebih jauh air yang turun di Coban Rondo sebenarnya berasal dari tiga sumber air terjun yang ada di Kepundan. Akses jalan ke tiga sumber yang ada di Kepundan sangat licin dan cukup jauh. Anda perlu 4 sampai 5 jam untuk bisa mencapai lokasi.

Boleh dibilang keindahan Coban Rondo memang sangat indah dan memanjakan mata begitupun dengan suara air jatuh yang menenangkan jiwa. Anda pasti tergoda untuk berfoto-foto dengan latar belakang air terjun atau tebing berlumut. Tidak hanya itu, anda juga akan tergoda untuk berendam sambil bermain air. Pastikan anda membawa baju ganti yah, bila mengunjungi spot wisata yang satu ini.
coban-rondo-keindahan-alam-yang-bercampur-nuansa-mistis
Berfoto dengan latar belakang air terjun Coban Rondo via pariwisataindo.com
Hanya saja anda perlu waspada dan menaati peraturan yang berlaku di kawasan wisata, terutama larangan berbicara kotor dan tidak sopan. Sebab banyak pengunjung yang melanggar malah mendapat "hadiah" seperti kesurupan atau diikuti makhluk halus.

Baca juga: 15 oleh-oleh khas Malang yang murah dan awet dibawa pulang

Selain itu ada juga kepercayaan yang mengatakan bahwa pasangan kekasih yang belum menikah pasti akan kandas hubungannya usai mengunjungi Coban Rondo. Walau banyak yang mengatakan itu hanyalah mitos tapi kesaksian yang beredar cukup banyak. Karena hal ini maka jarang pengunjung datang bersama pasangan saat mengunjungi tempat wisata ini, kecuali mereka yang sudah menikah.
Diberdayakan oleh Blogger.