Info Terbaru
recent

Bau Kaki Susah Hilang? Begini Cara Mengatasinya

Bau kaki seakan menjadi momok tersendiri bagi kita yang suka menggunakan sepatu saat melakukan aktifitas sehari-hari, dan lebih parahnya lagi kalau sepatu yang kita gunakan ternyata lebih sering lembab karena pengaruh suhu tubuh, udara yang kurang bersirkulasi di dalam sepatu, serta keringat yang dihasilkan oleh kaki kita. Hal ini tentu memicu pertumbuhan bakteri dan jamur berkembang dengan lebih cepat, hingga akhirnya kaki kita menjadi berbau tidak sedap.
Bau Kaki Susah Hilang? Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi bau kaki (sumber: pixabay)
Khusus buat anda yang lagi menghadapi masalah ini, ada beberapa tips nih yang bisa anda lakukan guna menghilangkan bau kaki yang tidak sedap, seperti yang diutarakan oleh Joy Rowland, Ahli Penyakit Kaki yang kami lansir dari Kompas.com


Mengatasi Bau Kaki yang Membandel

1. Rendam Kaki
Campurannya bisa menggunakan air hangat dengan cuka putih atau garam inggris (epsom salt). Cuka putih atau garam memiliki khasiat untuk membuat kulit menjadi tidak ramah terhadap bakteri serta menarik kelembapan berlebih dari kulit. Meski begitu kalau kaki anda sedang terluka sebaiknya jangan dilakukan karna cuka dan garam bisa mengiritasi luka.

2. Kaki harus benar-benar kering
Setelah direndam pastikan kaki anda dikeringkan dengan baik menggunakan kain yang bersih. Anda pun juga harus menjaga kekeringan kaki sehabis mandi, berenang atapun berendam.


3. Bawa kaos kaki cadangan
Karena kaki juga merupakan bagian tubuh yang sering bergerak dan mengeluarkan keringat, maka sepatu jadi mudah sekali lembab. Kelembapan inilah yang membuat bakteri dan jamur suka sekali bersarang. Anda pun sangat disarankan untuk menyiapkan kaos kaki tambahan di dalam tas dan mengantinya pada saat selesai berolahraga atau saat makan siang. Selain itu anda juga disarankan untuk menggunakan kaos kaki yang terbuat dari bahan katun dan sepatu yang memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga kelembapan kaki mudah untuk menguap.

4. Semprotkan sepatu dengan desinfektan
Menyemprotkan desinfektan dapat membunuh bakteri yang sudah lama bersarang di sepatu. Anda bisa menggunakan desinfekatan yang biasa digunakan di dapur, tapi pembersih tersebut harus mengandung etanol. Anda cukup keluarkan sol dalam sepatu dan semprotkan insole dengan intensitas ringan, kemudian keringkan selama 24 jam.


5. Gunakan antiperspirant
Kalau memang kaki anda sangat mudah berkeringat, sebaiknya gunakan antiperspirant yang dijual secara bebas. Antiperspirant ini akan membantu kelembapan kaki tetap terjaga dan menghindarkan anda dari bau kaki yang meresahkan.

Kalau langkah diatas sudah anda lakukan satu persatu dan ternyata bau kakinya masih susah dihilangkan, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan langkah penanganan yang tepat.
Diberdayakan oleh Blogger.