Info Terbaru
recent

3 Tanaman Ajaib Penurun Kadar Gula Darah

IDNPortal.com - Untuk menurunkan kadar gula yang tidak normal dalam darah, ada tiga (3) tanaman ajaib yang bisa anda konsumsi setiap hari. Tiga tanaman tersebut selain mudah ditemukan juga mudah ditanam dipekarangan kita, berikut ulasannya.

1. Kemangi
Tanaman kemangi via Manfaatsehatnya.com
Tanaman kemangi via Manfaatsehatnya.com
Sayuran ini sering sekali digunakan di rumah makan terutama lalapan dan kebanyakan hanya digunakan untuk cuci tangan. Padahal menurut penelitian yang dilakukan oleh Prof. Dr. Andreanus A Soemardji DEA & Dr. Irda Fidrianny MSi dari ITB membuktikan bahwa kemangi (Ocimum americanum) mampu menurunkan kadar gula sebanyak 39,9 persen pada hari ke-6, 42,5 persen pada hari ke-9 dan 41,4 persen pda hari ke-12. Bagi penderita kencing manis sebaiknya rajin untuk mengkonsumi kemangi baik dalam keadaan mentah atau dalam bentuk rebusan.

2. Onyong atau gambas
Sayur gambas via erfinahery.wordpress.com
Sayur gambas via erfinahery.wordpress.com
Sayuran yang kedua ini selalu laris ketika bulan haji dan berguna untuk menurunkan gula darah calon jemaah yang ingin lolos tes kesehatan. Hal ini dibenarkan oleh penelitian yang dilakukan oleh I Ketut Adnyana lulusan Doktor Farmakologi dari Universitas Toyama, Jepang yang menyatakan bahwa ekstrak biji pada onyong dapat menurunkan gula darah secara signifikan. Sedangkan kadar racun atau toksisitasnya telah dinyatakan aman untuk dikonsumsi manusia serta tidak menimbulkan kerusakan pada organ vital lainnya seperti hati, jantung, otak, pankreas, paru-paru atau limpa.

3. Sirih Merah
Tanaman sirih merah via Sirihmerah.org
Tanaman sirih merah via Sirihmerah.org
Tanaman terakhir yang juga berfungsi sebagai obat kencing manis adalah sirih merah. Di dalam kandungan sirih merah (Piper crocatum) terdapat flavonoid, saponin, tanin dan alkaloid yang sudah dinyatakan aman penggunaannya melalui penelitian yang dilakukan oleh Safitri SSi; Msi dari FMIPA IPB.

Sebarkan dan bagikan informasi bermanfaat ini pada yang lain. Jangan berhenti di diri anda tentunya.
Sumber: Bebeja.com
Diberdayakan oleh Blogger.