Info Terbaru
recent

9 Kebiasaan yang Menyebabkan Wajah Terlihat Boros

Wajah boros ternyata memiliki penyebab yang perlu anda ketahui. Jadi jangan minder dan segera ubah 9 kebiasaan yang memicunya

IDNPortal.com - Memiliki wajah yang sehat serta awet muda pasti semua orang menginginkannya, dan paling nggak enak banget kalau ada orang bilang jika wajah kita itu boros alias tua melebihi usia. Rasanya itu 'jleb' banget kayak diacuhkan pasangan tercinta berminggu-minggu, Nggak mau terus-terusan dibilangin berwajah tua, coba ubah sembilan kebiasaan buruk di bawah ini.

Kebiasaan yang membuat wajah mengalami penuaan dini

9 kebiasaan yang menyebabkan wajah terlihat boros
Penuaan dini, foto: Firmax.com
1. Tidak mau mengontrol makanan yang dikonsumsi
Mengkonsumsi jenis makanan seperti gorengan, makanan instant, daging merah, mentega, pasta, kue kering dan gula secara berlebihan akan memicu kerutan pada kulit wajah timbul lebih cepat. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut bisa mengakibatkan peradangan pada tubuh. Karna itu kurangi asupan makan tersebut dan gantilah dengan makanan kaya akan antioksidan yang bisa anda temukan di sayuran hijau dan buah-buahan.

2. Sering mengkonsumsi minuman beralkohol
Karna bersifat diuretik minuman beralkohol akan membuat tubuh lebih mudah mengalami dehidrasi. Akibatnya kulit menjadi kering dan mudah berkerut sehingga membuat anda terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

3. Sering sekali mengalami stres
Rasa cemas, takut dan kuatir sebenarnya normal dimiliki oleh setiap manusia. Hanya saja jika rasa tersebut terlalu berlebihan akan memicu timbulnya stres dan memperpendek usia DNA yang anda miliki. Tidak heran tubuh anda mengalami proses penuaan dini.

Baca juga: Dengan berpuasa, wajah makin cantik dan mempesona

4. Sering terkena sinar ultraviolet
Sinar matahari pada umumnya baik untuk tubuh kita, asal kita tahu waktunya mulai jam 6 sampai jam 10 pagi. Diatas jam itu sinar matahari lebih banyak mengandung sinar ultraviolet yang menyebabkan flek hitam dan juga kerutan, Bila anda sering beraktifitas di luar ruangan sebelum jam 4 sore sebaiknya gunakan krim tabir surya yang mengandung SPF minimal 15. Untuk mendapatkan krim yang tepat sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter kecantikan kepercayaan anda.

5. Posisi tidur yang miring ke salah satu sisi
Tidur miring juga menyebabkan wajah mudah berkerut akibat tekanan terhadap permukaan bantal. Untuk menyiasati hal ini anda disarankan untuk tidur terlentang, posisi wajah menghadap ke depan.

6. Sering menghisap asap rokok
Kandungan pada rokok bisa menyebabkan kerusakan jaringan dan menghambat aliran darah yang beredar dalam tubuh anda. Maka tidak heran wajah terlihat lebih kusam dan banyak timbul kerutan terutama pada area mata. Karna itu berhentilah menghisap asap rokok mulai dari sekarang.

Baca jugaTes pikiran kotor, ikutan yuk...98 persen banyak yang gagal

7. Sering lembur atau tidak punya waktu tidur yang cukup
Kalau anda sering sekali lembur dan tidak punya waktu istrirahat yang cukup, maka lingkar hitam akan terlihat pada mata anda. Masyarakat sering menyebutnya sebagai 'mata panda'. Agar kulit wajah terlihat fresh sebaiknya tidurlah 8 jam sehari, khususnya pada waktu malam hari.

8. Sering berada di ruangan yang udaranya lembab
Udara yang lembab juga mempercepat proses penuaan diri. Apabila keseharian anda lebih banyak di ruangan tersebut sebaiknya buka jendela anda agar terjadi pergantian udara yang lebih segar.

9. Sering berada di ruangan yang ber-AC
Ruangan yang dilengkapi dengan pendingin udara atau AC juga bisa membuat kulit kering dan berkerut. Supaya hal ini tidak terjadi sebaiknya gunakan lotion khusus untuk melindungi permukaan wajah anda.

Selain sembilan kebiasaan di atas anda juga harus berolahraga secara teratur agar aliran darah anda berjalan dengan lancar dan membuat kulit jadi lebih kencang. Dengan cara ini maka wajah jadi lebih sehat dan jauh deh... dari yang namanya penuaan dini. Jangan lupa disebarkan pada yang lain kalau bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.