Info Terbaru
recent

Sadar atau Tidak! Inilah Penyebab Bibir Mudah Pecah-Pecah

alasan mengapa bibir mudah pecah-pecah dan kering saat sedang beraktifitas, kenapa bibir mudah sekali kering?
IDNPortal.com - Memiliki bibir yang menawan adalah dambaan para kaum hawa saat tengah berpenampilan. Sehingga tidak heran banyak cara dilakukan agar bibir terlihat indah dan tidak mudah kering serta pecah-pecah. Untuk mencegah masalah tersebut anda bisa mengoles madu pada permukaan bibir anda ssetiap malam atau pagi hari, tapi sadarkah anda bahwa bibir yang bermasalah itu ternyata disebabkan oleh sejumlah penyebab yang tidak pernah anda sadari, seperti yang kami lansir dari Vemale berikut ini.
Bibir kering dan mudah pecah-pecah (sumber)
1. Sering membasahi bibir dengan air liur
Kalau dikecap dan dibasahi dengan air liur memang terlihat basah untuk sementara waktu, tapi nyatanya prilaku ini malah membuat bibir jadi mudah kering. Alasannya sederhana karna air liur tidak memiliki kandungan yang bersifat pelembab. Saat dibasahi air liur akan menguap karna udara, sinar matahari dan juga suhu tubuh.

2. Menggunakan pewarna bibit terlalu sering
Pewarna bibir yang sedang tren adalah lipstik matte, namun kabar kurang sedapnya formula/kandungan lipstik ini malah membuat bibir jadi mudah pecah-pecah. Bila tidak ingin kondisinya bertambah parah disarankan agar bibir anda diistirahatkan dari penggunaan lipstik mate.

3. Kekurangan cairan tubuh
Dehidrasi merupakan tanda bahwa cairan dalam tubuh anda tengah kurang. Akibat kondisi ini biasanya bibr akan mengering dan mudah pecah-pecah. Untuk itu pastikan asupan air mineral anda tercukupi dengan baik. Ingat 8 gelas sehari!

4. Vitamin A yang dikonsumsi secara berlebihan
Porsi vitamin A yang diperbolehkan untuk tubuh adalah 5000 International Unit (IU) dalam sehari. Bila terlalu berlebihan (25.000 IU) maka bibir akan menggering dan mudah pecah-pecah akibat udara, suhu dan juga paparan sinar matahari.

5. Gara-gara kebiasaan mendengkur
Saat mendengkur maka aliran udara akan mengalir melalui mulut sehingga membuat bibir jadi kering. Hal ini baru anda sadari ketika sudah terbangun nantinya. Bila kebiasaan mendengkur ini sudah parah dan sering membuat anda tersedak sebaiknya periksakan diri segera ke dokter. Hidup anda lebih penting untuk dijaga.

6. Menggunakan pasta gigi yang ada kandungan deterjen
Pada umunya semua pasta gigi (odol) yang beredar dipasaran memiliki kandungan deterjen (Sodium Lauryl Sulfate) yang berfungsi untuk membersihakan sisa makanan, plak, debris dan juga anti bakteri. Namun efek negatifnya bibir jadi mudah cepat kering.

7. Kandungan beresiko yang terdapat pada lie plump
Kalau anda memiliki lie plum dengan kandungan capsicum, ginger, menthoxypropanediol, mint oils dan menthol sebaiknya hentikan. Mengapa? Karna kandungan ini berpotensi besar untuk mengiritasi bibir dan membuat bibir jadi kering dan mudah pecah-pecah.
Diberdayakan oleh Blogger.