Info Terbaru
recent

Ikan Lele Penuh Bintik Putih, Apakah Mengandung Cacing?

IDNPortal.com - Sebuah unggahan yang mengatakan bahwa ikan lele penuh bintik putih jika dipecahkan mengandung cacing ramai diperbincangkan di media sosial Facebook pada hari Jumat, 14 Februari 2020.

Unggahan tersebut diposting pada sebuah grup Facebook Info Kesehatan, dan sudah dibagikan lebih dari 28.000 kali pada hari Minggu, 16 Februari 2020, Pukul 14:00 WIB. Bahkan postingan tersebut menyampaikan bahwa daging lele tersebut sebaiknya jangan dikonsumsi.

Bagaimana hasil pencarian fakta IDNPortal?

Menelusuri berbagai situs yang terverifikasi dewan pers, akhirnya tim IDNPortal sampai pada website Kompas yang mengatakan bahwa bintik-bintik putih tersebut sebenarnya adalah parasit jenis protozoa dan bukanlah cacing, sebagaimana diinformasikan oleh Aji, dokter hewan di dari Lab Balai Uji Standar Karantina Ikan, BKIPM Kementerian Kelautan dan Perikanan, Drh. M. Aji Purbayu

Aji juga menginformasikan bahwa bintik putih tersebut dikenal sebagai Cysta Parasit Protozoa berjenis berjenis Ichtyophthirius Multifilis yang mengakibatkan ikan mengalami penyakit White Spot. Namun Aji menegaskan bahwa parasit tersebut tidak bersifat menular (zoonosis) kepada manusia dan akan langsung mati pada saat proses pemasakan ikan hingga matang.

Hanya saja sebagai konsumen ada yang merasa tidak nyaman dan jijik kalau melihat daging ikan penuh dengan bintik-bintik putih saat dimakan.

Jangan lupa disebarkan jika memang informasi yang kami sampaikan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian

Sumber data:
Kompas.com (tinyurl.com/wxo7b5v)
Diberdayakan oleh Blogger.