Info Terbaru
recent

8 Penyebab Utama Kenapa Luka Lambat Mengering & Sembuh

IDNPortal.com - Resiko terluka akibat benda tumpul atau benda tajam memang tidak bisa dihindari dan sering kali membuat kita kuatir. Beberapa orang menggunakan berbagai macam cara agar bekas luka tersebut cepat tertutup dan tidak meninggalkan bekas. Namun pada kasus tertentu ada juga luka yang malah lambat mengering dan susah disembuhkan, berikut 8 faktor penyebab luka sulit disembuhkan yang kami lansir dari laman klikdokter.com

8 Penyebab Utama Kenapa Luka Lambat Mengering & Sembuh
Sumber: Okezone

Penyebab Utama Mengapa Luka Sangat Lambat Disembuhkan


Faktor Penuaan
Seiring bertambahnya usia maka membuat antibodi dan fungsi sistem endokrin berjalan lebih lambat sehingga membuat luka menjadi sulit menutup.

Ganguan sirkulasi & oksigenasi
Oksigen yang berada di dalam darah sangat penting untuk mempercepat penyembuhan luka. Jika oksigen berkurang maka luka akan sulit sembuh. Kejadian semacam ini biasanya terjadi ketika seseorang mengalami anemia, hipertensi, penyakit diabetes, penyakit pembuluh darah perifer dan penyakit paru kronis.

Tidak mampu merasakan nyeri
Nyeri merupakan indikator penting untuk mengetahui terjadinya luka. Jika seseorang tidak mampu merasakan nyeri sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter ahli pada bidangnya.

Obat-obatan
Beberapa obat yang diresepkan oleh dokter terkadang memiliki kandungan yang mengakibatkan proses penyembuhan luka melambat

Merokok
Kandungan nikotin yang terdapat dalam rokok sangat berpengaruh dalam menurunkan peredaran darah yang mengalir menuju kulit. Jika peredaran tersebut terganggu maka luka akan sangat sulit mengering dan malah membuat resiko infeksi lebih besar.

Trauma
Luka yang sering tergesek atau terpukul oleh suatu permukaan akan membuat proses kesembuhan lebih lama terjadi.

Nutrisi tubuh yang buruk
Kurangnya asupan nutrisi pada makanan seperti Seng, Protein, Vitamin C dan Vitamin A akan membuat proses penyembuhan luka kurang maksimal. Untuk itu sangat disarankan mengkonsumsi makanan seperti buah sitrus, tomat, daging merah, telur, kacang-kacangan dan juga brokoli.

Infeksi & kontaminasi
Luka yang terkontaminasi dengan kuman atau debu akan membuat peradangan, nanah dan parahnya lagi bisa mengakibatkan infeksi serius. Agar hal ini bisa dicegah sebaiknya bersihkan luka dengan alkohol dan ditutup dengan kasa serta perban yang bersih. Pastikan juga untuk mengkonsumsi antibiotik jika permukaan luka dalam dan luas

Jika luka terus melebar dan tidak bisa sembuh ada baiknya untuk segera mengkonsultasikan hal tersebut dengan para dokter ahli untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.
Diberdayakan oleh Blogger.