Info Terbaru
recent

11 Istilah Produk Mengandung Babi yang Wajib Anda Ketahui. Jangan Sampai Salah Beli Yah!

Istilah produk mengandung babi yang wajib hukumnya dipahami oleh umat muslim
IDNPortal.com - Mengkonsumsi daging atau lemak babi bagi non muslim bukanlah perkara serius yang harus dipermasalahkan. Karna bagi mereka daging babi tidak apa-apa dikonsumsi atau dijual asal tidak menggangu hajat hidup orang lain. Mereka juga tidak segan menginforamsikan kepada para konsumen bahwa produk atau olahan makanan yang mereka tawarkan mengandung babi.
olahan makanan yang mengandung babi
Olahan makanan yang mengandung babi. Foto: Food Canon
Jadi bagi anda yang beragama Islam sebaiknya cek kembali produk yang anda beli. Apakah masih dalam batas halal atau tidak? Berikut 11 istilah asing produk mengandung babi yang biasanya tertera di pasaran.

Istilah yang Sering Digunakan Untuk Mendandakan Produk Tidak Halal yang Dijual di Pasaran

1. Bacon
Merupakan daging babi yang diiris tipis untuk diolah menjadi daging panggang. Meskipun bacon identik dengan daging babi, tapi ada juga yang terbuat dari sapi. Jika anda ragu sebaiknya tanyakan dahulu pada penyedia daging atau pihak supermarket supaya mendapatkan informasi yang lebih pasti.

2. Ham
Daging bertekstur kenyal nan padat yang diambil dari paha babi.

3. Pork
Istilah paling umum yang digunakan oleh produsen untuk menginformasikan pada pembeli bahwa produknya mengandung daging babi.

4. Hog
Istilah yang digunakan untuk merujuk pada babi dewasa yang memiliki berat lebih dari 50 kg. Dari babi inilah biasa dagingnya diperjual-belikan untuk dijadikan steak, sosis dan segala macam olahan daging lainnya.

5. Lard
Merupakan minyak yang diambil dari lemak babi. Biasanya digunakan sebagai bahan tambahan pada makanan, sabun, loton, pemutih badan dan beragam produk kecantikan lainnya.

6. Boar
Istilah yang digunakan untuk daging adan lemak hewan yang diambil dari babi hutan.

7. Sow
Istilah ini mengaju pada babi betina dewasa yang siap diolah. Meski jarang sekali muncul pada produk makanan, namun anda harus selalu waspada dan cek kembali komposisi barang yang anda beli.

8. Sow Milk
Merupakan susu yang diambil dari babi betina dewasa yang sudah melahirkan.
.
9. Porcine
Kandungan babi yang banyak digunakan untuk campuran obat-obatan.

(Baca juga: Tips memilih buah kurma yang enak dan berkualitas)

10. Swine
Istilah yang mengaju pada sekumpulan spesies hewan babi yang diolah dan ditambahkan pada makanan. Biasanya sering dilakukan oleh para produsen nakal yang ingin menghemat biaya produksi.

11. Pig
Istilah umum lainnya yang menandakan produk yang ditawarkan mengandung daging atau lemak babi.

Demikian informasi istilah babi yang biasa muncul dipasaran. Karna itu teliti kembali produk yang anda beli, khususnya anda yang beragama muslim. Lalu hormati juga mereka (non muslim) yang sudah menginformasikan kalau olahan yang mereka jual mengandung babi. Jadilah bijak! Kalau sudah tahu tidak usahlah ribut lalu bikin kekacauan, cari saja produk atau makanan lain yang berlabel halal.  Semoga menambah pengetahuan dan memberi kenyamanan untuk anda. NKRI Harga Mati!
Diberdayakan oleh Blogger.