Info Terbaru
recent

8 Tanaman Berbahaya Nan Mematikan yang Harus Diwaspadai Jika Tumbuh di Lingkungan Rumah Anda

Tanaman (bunga) mematikan yang harus anda jauhkan dari lingkungan anda, khususnya dari anak-anak

IDNPortal.com - Menanam tanaman di rumah memang bermanfaat untuk menghilangkan stres dan radikal bebas. Namun ada baiknya tanaman yang anda pilih tidak membahayakan keluarga anda, seperti 8 bunga yang ada dibawah ini


8 Bunga Beracun yang Bisa Mengakibatkan Kematian


1. Bunga Jepun (Oleander)
8 tanaman beracun yang wajib anda waspadai
Bunga jepun (sumber gambar)
Merupakan tanaman perdu yang masuk golongan keluarga Apocynaceae dan biasa dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah. Tingginya bisa mencapai 2 sampai 5 meter dengan bunga merah muda yang sangat cantik. Meski menawan ternyata seluruh bagian bunga jepun (bunga kamboja) ternyata mengandung cardiac glycoside, rosagenin, saponins, nerioside dan oleandroside yang sangat berbahaya. Racun tersebut bisa mengakibatkan diare, gangguan pernafasan, serangan jantung dan juga ganguan pada sistem saraf pusat. Satu helai daunnya saja kalau tertelan bisa mengakibatkan kematian pada manusia dewasa.

2. Acokanthera
Acokanthera (sumber gambar)
Juga termasuk anggota keluarga dari Apocynaceae dan memilkik kandungan racun cardiotoxic glycoside ouabain yang sangat berbahaya. Racun tersebut hanya berada pada bagian getahnya saja. Jadi hati-hati yah saat bersentuhan dengan tanaman ini. karna Satu tetes getah saja bisa membunuh manusia dewasa dalam hitungan satu menit. Meski dikenal beracun, acokanthera juga memiliki buah yang sangat harum dan manis untuk dimakan.

3. Bunga Bahagia (Dieffenbachia)
8 tanaman beracun yang wajib anda waspadai
Bunga bahagia (sumber gambar)
Keluarga dari Araceae dan memiliki kandungan racun kalsium oksalat pada bagian getah dan batangnya. Jika tertelan bisa mengakibatkan sesak nafas, shock, kejang pada lidah serta kematian walau jarang sekali terjadi. Bila getahnya terkena kulit dapat mengakibatkan rasa panas dan gatal.

4. Tanaman Jarak (Ricinus Communis)
8 tanaman beracun yang wajib anda waspadai
Pohon jarak (sumber gambar)
Daun dan getahnya biasa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Hanya saja anda perlu waspada dengan bagian bijinya. Sebab memiliki racun mematikan bernama ricin yang belum memiliki obat penawar hingga sekarang. Kalau tertelan oleh manusia bisa mengakibatkan kematian, gangguan peredaran darah dan pernafasan.

Baca info menarik lainnya:
Bukti dan Fakta Bunga Dollar Bukan Penyebab Leukimia (wajib baca)
Manfaat pohon sirsak dari akar hingga batangnya
Daun mangga bisa jadi obat kanker dan diabetes
Rebusan daun bambu bisa normalkan asam urat

5. Suicide tree (Carbera Odollam)
8 tanaman beracun yang wajib anda waspadai
Suicide tree (sumber gambar)
Bentuk tanamannya sangat mirip dengan bunga jepun dan termasuk keluarga Apocynaceae. Hanya saja dibalik bunga putihnya yang indah terdapat racun cerberin yang mematikan. Racun tersebut terletak dibagian biji dan buahnya. Bila tertelan oleh manusia bisa mengakibatkan kematian, gangguan pada sistem pernafasan dan otot jantung.

6. White Snakeroot (Ageratina Aitissima)
8 tanaman beracun yang wajib anda waspadai
white snakeroot (sumber gambar)
Bunganya berwarna putih dan tumbuh liar di hutan, kebun serta pekarangan rumah. Tanaman ini mengandung racun tremetol yang bisa mengakibatkan penurunan kesadaran (delirium), kematian, dehidrasi akut, gemetar dan juga muntah. Apabila termakan oleh hewan maka daging hewan tersebut akan terkontaminasi dengan racun tremetol, sehingga membahayakan kesehatan manusia bila daging tersebut dikonsumsi.

7. Wolf's Bane (Aconitium Napellus)
8 tanaman beracun yang wajib anda waspadai
Wolf's bane (sumber gambar)
Paling banyak tumbuh di Benua Eropa dan memiliki kandungan racun alkaloid pseudaconitine.  Racun ini bisa mengakibatkan diare dengan sensasi kesemutan, mual, muntah, rasa terbakar (di bagian mulut dan perut) serta kematian. Racun pada bunga wolf's bane juga bisa tersalur saat bunganya dipetik tanpa menggunakan sarung tangan.

8. Deadly Nightshade (Atropa Belladonna)
8 tanaman beracun yang wajib anda waspadai
Deadly nightshade (sumber gambar)
Tumbuh subur di Asia Timur, Afrika Utara dan Eropa Timur. Bunga ini termasuk keluarga Solanaceae yang mana tomat, kentang dan terong termasuk dalam keluarga tersebut. Hanya saja Deadly Nightshade memliki racun alkaloid tropane yang mematikan dan tersebar di seluruh bagian tanaman tersebut. Bila seseorang terkontaminasi alkaloid tropane akan mengalami sakit kepala, sesak napas, gangguan kerja pada jantung, halusinasi dan kehilangan keseimbangan. Bagian daunnya memiliki tingkat racun yang lebih mematikan dibanding buahnya.
Itulah delapan tanaman mematikan yang wajib anda waspadai jika tumbuh di lingkungan anda. Jangan sampai anak yang anda kasihi memainkan tanaman tersebut untuk dijadikan mainan masak-masakan. Sebarkan pada yang lainnya. Semoga bermanfaat.
    Diberdayakan oleh Blogger.