Info Terbaru
recent

5 Kesalahan yang Mungkin Kamu Lakukan Saat Menurunkan Kolesterol

IDNPortal.com - Siapapun pasti tidak ingin menderita penyakit yang diakibatkan oleh kadar kolesterol yang kurang terkontrol. Sehingga banyak orang sampai rela melakukan gaya hidup sehat hingga diet super ketat agar ambang batas kolesterolnya tetap terjaga. Namun tahukah anda bahwa cara-cara demikian tidaklah cukup berdasarkan keterangan dokter spesialis jantung, Vito A. Damay melalui laman Klikdokter. Menurutnya ada lima (5) kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang yang tanpa sadar malah kurang tepat dalam menurunkan kolesterol tinggi.
Menurunkan kolesterol (sumber)

Kadang Kesalahan Ini Tidak Sadar Kita Lakukan Saat Menurunkan Kolesterol

1. Tidak memeriksakan kadar kolesterolnya terlebih dahulu
Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya anda memeriksakan diri ke klinik, puskesmas atau rumah sakit terdekat terlebih dahulu. Begitu hasil pemeriksaan keluar maka langkah pengobatan akan lebih tepat guna.

Baca juga: Daun bawang efektif turunkan kolesterol jahat

2. Takut mengkonsumsi obat yang sudah diberikan
Takut minum obat merupakan kondisi normal dan bisa dipahami sepenuhnya. Ada yang beranggapan kalau nanti obatnya membuat ketergantungan,  bikin ginjal rusak dan beragam alasan lainnya. Dokter Vito A. Damay sendiri menegaskan bahwa pihak medis sangat berusaha untuk tidak memberikan obat yang tidak perlu pada pasien. Kalau kadar kolesterol pasien dinilai sudah terlalu tinggi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi obat secara teratur berdasarkan ajuran yang sudah diberikan.

3. Tidak sarapan pagi atau makan malam
Memang kegemukan menjadi salah satu faktor penyebab kolesterol tinggi sehingga anda harus menurunkannya. Beberapa orang memutuskan untuk tidak sarapan pagi atau makan malam. Padahal hal ini malah salah kaprah. Sarapan yang sehat dan bergizi akan membuat anda jadi lebih bertenaga untuk memulai hari. Sedangkan makan malam berupa sayur dan buah akan memulihkan tubuh esok harinya. Selain itu akan lebih mantab lagi jika diimbangi dengan olahraga secara teratur

Artikel lainnya: 5 manfaat mengkonsumsi salad

4. Diet super ketat
Mengurangi asupan makanan memang menjadi aturan dalam diet, tapi kalau dietnya salah malah bisa gagal total. Selain mengurangi karbohidrat, anda juga harus mengurangi makanan berlemak dan mengandung minyak. Jangan lupa juga untuk sering berolahraga untuk melancarkan sirkulasi darah yang kurang bagus. Tubuh yang kurus belum tentu terbebas dari kolesterol tinggi.

5. Kurang makan sayur dan buah
Kalau kadar kolesterol anda sudah terlalu tinggi sebaiknya konsumsi sayur dan buah secara teratur. kedua bahan ini akan memberikan rasa kenyang dan memampukan anda supaya bisa mengontrol asupan makanan. Sayuran hijau sangat disarankan oleh para dokter dalam menurunkan kadar kolesterol.
Diberdayakan oleh Blogger.