Info Terbaru
recent

15 Macam Oleh-Oleh Khas Malang yang Awet dan Murah

Oleh-oleh khas Malang yang bisa anda beli dengan harga terjangkau dan awet untuk dibawa pulang, berikut daftar lengkapnya jika anda sedang berlibur dan berburu buah tangan di Malang, Jawa Timur
IDNportal.com - Belibur di kota Malang selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain terkenal dengan panorama alamnya yang indah serta wahana wisata yang makin beragam. Oleh-oleh khas "kota Apel" juga tidak pernah sepi diburu oleh para pengunjung mulai dari kaos hingga gantungan kunci.

liburan ke kota malang
Balai Kota Malang (foto: Pinterest.com)
Kalau saat ini anda tengah bingung dan sedang mempertimbangkan oleh-oleh apa yang nant mau dibawa pulang, berikut IDNportal berikan 15 referensi oleh-oleh khas Malang yang awet dan harganya murah dibawah ini.


1. Apel Malang
15 macam oleh oleh khas malang yang awet dan murah
Apel Malang (foto: Kaskus.co.id)
Jenis apel yang terkenal dan selau jadi primadona adalah apel manalagi dan apel ana. Keduanya memiliki rasa dan warna yang berbeda. Kalau apel manalagi berwarna hijau, bulat dan rasanya manis segar sedangkan apel ana bentuknya sedikit lonjong, ada campuran merahnya dan memiliki rasa yang sedikit asam segar. Kedua jenis apel ini sangat mudah ditemui kalau sudah sampai di kota Malang.

2. Keripik Buah
15 macam oleh oleh khas malang yang awet dan murah
Aneka keripik buah (foto: goorganicshop.wordpress.com)
Kalau takut buah yang anda bawa nanti busuk. Anda bisa mengalihkan pilihan pada olahan keripik buah. Pilihannya pun banyak mulai dari keripik apel, salak, nangka, semangka, rambutan, mangga atau nanas.

3. Sari Apel
15 macam oleh oleh khas malang yang awet dan murah
Sari apel (foto: Tokopedia.com)
Selain dijadikan keripik, buah apel juga diolah menjadi minuman kemasan. Jenis buah yang sering dijadikan sari apel adalah apel manalagi dan apel romebeauty. Kalau anda berniat membeli minuman sari apel sebaiknya carilah merek atau produsen sari apel yang tidak menggunakan pemanis buatan.

4. Keripik Tempe

15 macam oleh oleh khas malang yang awet dan murah
Keripiki tempe (foto: Tempesanan.blogspot.com)
Selain buah apel, Malang juga terkenal dengan olahan keripik tempe. Tekstur kripiknya gurih dan mudah dibawa pulang. Hampir semua wisatawan tidak pernah melewatkan jajanan yang satu ini.
15 macam oleh oleh khas malang yang awet dan murah
Kampung Sanan di kota Malang (foto: Tempesanan.blogspot.com)
Salah satu pusat keripik tempe yang bisa jadi rujukan adalah Kampung Sanan, Kecamatan Blimbing. Sentra industri kripik tempe ini cukup berdekatan dengan SMP 5 Malang atau BPJS Kesehatan Kota Malang.

5. Pia Mangkok
15 macam oleh oleh khas malang yang awet dan murah
Pia mangkok (foto: Halomalang.com)
Pia yang enak tidak hanya menjadi oleh-oleh khas Bali atau oleh-oleh khas Yogyakarta saja tapi juga khas kota Malang. Kalau di Malang pia yang terkenal sejak lama adalah Pia Mangkok. Salah satu produsen yang selalu jadi tujuan para pelancong adalah Pia Mangkok yang berada di Jl. Semeru No. 25 yang berdekatan dengan Lai-Lai, Pizza Hut Semeru atau Stadion Gadjayana Malang. Rasa yang disediakan cukup beragam mulai dari coklat, kacang hijau, keju, durian hingga tang kwee. Namun yang paling cepat laris adalah rasa coklat dan kacang hijau. Tempat ini sudah mulai buka jam delapan pagi.

6. Olahan Telo
15 macam oleh oleh khas malang yang awet dan murah
Olahan telo (foto: Enjoymalang.com)
Telo atau ubi juga diolah oleh masyarakat kota Malang untuk menjadi oleh-oleh yang unik dan bisa anda bawa pulang. Beragam olahannya mulai dari bakpao, pizza, nugget, es krim sampai dengan keripik. Pusatnya ada di Jalan Raya Purwodado No. 1 Lawang,

7. Frozen Bakso
15 macam oleh oleh khas malang yang awet dan murah
Bakso President Malang (foto: Makanmasak.com)
Bakso Malang memang sudah terkenal dengan rasanya yang nikmat dan juga gurih. Kalau anda berniat untuk membawa pulang bakso dalam bentuk makanan beku silahkan menuju Bakso President yang berada Jl. Batanghari atau dekat rel yang berada persis dibelakang Hotel Savana. Selain bakos beku, tempat kuliner ini juga menyediakan bumbunya lho. Jadi ketika sampai dirumah anda bisa membuat sendiri bakso cita rasa kota Malang.

Baca juga: 11 tempat rekomendasi menikmati bakso di Malang


8. Malang strudel
15 macam oleh oleh khas malang yang awet dan murah
Kue berlapis isi buah (foto: Tokopedia.com)
Sejak dibuka secara resmi pada tahun 2014, Malang Strudel telah menjadi ikon oleh-oleh kota "Arema" (Singkatan dari Arek Malang). Salah satu camilan yang ramai diburu adalah kue berlapis isi buah-buahan. Isian buahnya juga macam-macam ada apel, stroberi, nanas dan lain-lain.

9. Keripik kentang macan
15 macam oleh oleh khas malang yang awet dan murah
Keripik kentang macan (foto: Icipicipiniitu.wordpress.com)
Keripik kentang yang satu ini agak berbeda dengan keripik kentang pada umumnya, sebab dibuat dari umbi gadung. Prosesnya juga memakan waktu agak lama guna menghilangkan kadar racun di dalam umbi tersebut. Karna alasan inilah harganya sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan keripik kentang lainnya.

10. Keripik Ceker

15 macam oleh oleh khas malang yang awet dan murah
Keripik ceker (foto: Masdonie.blogspot.com)
Kalau keripik kentang, tempe dan buah mungkin sudah telalu umum untuk dibawa pulang. Mungkin keripik ceker atau kaki ayam bisa menjadi pilihan untuk anda. Rasanya juga gurih, nikmat dan memiliki kandungan gizi yang tidak kalah. Keripik ini dipercaya banyak mengandung kalsium, kolagen hingga asam amino.

11. Pisang ledre bangka
15 macam oleh oleh khas malang yang awet dan murah
Tempat produsen pisang ledre bangka (foto: Wisatakuliner.com)
Kalau dengar dari namanya oleh-oleh yang satu ini bukan berarti pisang ledre cabang Pulau Bangka. Penyematan kata Bangka disini dikarenakan sang produsen berada di Jl. Bangka No. 20-22. Soal rasa psang ledre yang satu ini begitu krispi dan juga manis. Dijamin buat ketagihan deh kalau sudah masuk ke dalam mulut. Bagi yang berminat membeli silahkan hubungi 0341-368323.

12. Bakpao Sayang

15 macam oleh oleh khas malang yang awet dan murah
Bakpao sayang (foto: Aremafood.com)
Dibandingkan dengan bakpao lainnya bakpao sayang memiliki tekstur yang lembut dan berwarna putih kekuning-kuningan. Warna tersebut menjadi tanda kalau tidak ada tambahan bahan pemutih saat proses pembuatan bakpao. Isiannya juga macam-macam mulai dari keju, kacang hijau, selai buah, kacang tanah, kacang merah dan lain-lain. Menurut informasi isian bakpao ini ada 30 macam. Bagi anda yang berminat silahkan menghubungi 0341-569580 atau datang langsung ke Jl. Raya Langsep N0. 11 Malang.

13. Keramik Dinoyo

15 macam oleh oleh khas malang yang awet dan murah
Keramik Dinoyo Malang (foto: Indonesiakaya.com)
Kalau anda suka berburu barang pecah belah yang dibuat dari keramik silahkan datang ke Dinoyo (area industri keramik yang berdekatan dengan Unibraw dan Unisma). Anda bisa menemukan beragam model barang pecah belah yang mungkin anda inginkan. Ada yang berbentuk vas bunga, guci, piring, mug, sampai hiasan dinding.

14. Souvenir asli Malang

15 macam oleh oleh khas malang yang awet dan murah
Kaos I love Malang (foto: Hellomotion.com)
Sudah bukan hal yang rahasia kalau souvenir seperti cobek, kaos, gantungan kunci, boneka, topi serta stiker selalu menjadi buruan utama jika berbelanja di tempat area wisata. Anda bisa membelinyaa bila berbelanja di kawasan wisata seperti BNS, Jatim Park, Museum Angkut atau Selekta.

15. Madu Klanceng asli Malang

15 macam oleh oleh khas malang yang awet dan murah
Madu klanceng asli kota Malang (foto: Tokopedia.com)
Saat tim INDportal mengunjungi area wisata tawon yang ada di Lawang pada bulan Oktober 2016. Harga madu klenceng dibanderol dengan harga 130.000 Rupiah hingga 150.000 Rupiah. Kalau dibilang mahal atau murah sepertinya relatif, sebab madu yang satu ini memiliki banyak manfaat dan juga digunakan sebagai anti kanker, kecerdasan otak dan beragam manfaat lainnya.

Demikian informasi oleh-oleh khas malang yang murah dan juga awet untuk anda bawa pulang saat sedang berlibur atau menghabiskan akhir pekan di kota Malang.
Diberdayakan oleh Blogger.