Info Terbaru
recent

Tanaman Dollar Bukan Penyebab Leukimia, Ini Bukti dan Faktanya

Benarkah tanaman dolar bisa menyebabkan kanker darah atau leukimia. bahaya tanaman dollar hanya kebohongan, resiko menanam bunga dollar, Temukan kebenarannya disini; bahaya tanaman dollar pada manusia, hoax atau fakta
IDNPortal.com - Para pengguna media sosial atau smartphone pasti pernah dong membaca atau menerima informasi kalau tanaman dollar (Zamioculcas Zamiifolia) bisa mengakibatkan leukimia atau kanker darah.
Tanaman dollar di pekarangan rumah via truthneverkills.blogspot.com
Karena informasi ini, banyak penduduk Indonesia di berbagai daerah berlomba-lomba memusnahkan dan membasmi tanaman hias yang biasanya ditaruh di dalam rumah. Padahal belum tentu informasi ini benar adanya.

Setelah IDNPortal lakukan beberapa penelusuran dari beragam sumber yang bisa dipercaya, kami dapatkan berbagai bukti dan fakta yang bisa anda percaya sepenuhnya, berikut penjelasan lengkapnya dibawah ini.


1. Tanaman Dollar penyebab leukimia hanyalah berita bohong atau hoax

Kesimpulan ini ditegaskan oleh informasi dari Deden Mudiana, peneliti Lembaga ilmu Pengetahuan Indonesia yang mengatakan bahwa senyawa Oksalat yang terkandung pada tanaman dollar tidak bersifat karsinogenik atau pemicu kanker.

Sedangkan menurut dr. Aldo Ferly mengatakan kalau tanaman dollar tidak memiliki kaitan dengan leukimia. Hal ini ditunjang dengan tidak ada penelitian atau bukti ilmiah yang menyatakan bahwa bunga tanaman dollar bisa meningkatkan resiko leukimia.


2. Senyawa Oksalat pada tanaman dollar memang beracun tapi tidak berbahaya

Berdasarkan informasi dari Deden Mudiana mengatakan bahwa senyawa oksalat akan mengakibatkan iritasi dan gatal pada kulit, itupun pada kulit yang sensitif.

3. Kabar penelitian yang dilakukan oleh Prof. Ghizan Saleh juga hoax
Beredar kabar bahwa keterkaitan tanaman dollar dan leukimia pernah ditulis oleh Prof. Ghizan Saleh, selaku Dekan Fakultas Pertanian Universitas Putra Malaysia. Namun setelah dikonfirmasi nyatanya Prof. Ghizan Saleh membantah dengan keras hal tersebut.

Baca juga: 16 Materi Termahal yang Ada di Dunia, Emas Urutan Kedua Terbawah

4. Kabar meninggalnya mahasiswa Universitas Sains Malaysia akibat tanaman dollar juga bohong.
Pihak Universitas Sains Malaysia (USM) juga membantah kabar kalau mahasiswanya meninggal akibat tanaman dollar. Mereka (USM) bahkan meminta pada setiap pengguna media sosial untuk berhenti menyebarkan hal ini.

5. Tanaman dollar memiliki manfaat yang sangat baik untuk manusia
Menanam tanaman dollar di rumah bisa mereduksi kandungan karbon dioksida (CO2) dan karbon monoksida (CO) serta radikal bebas yang sangat berbahaya bagi kesehatan dan kelangsungan hidup manusia.


Update 16 April 2016: 
Bahkan menurut dr. Aditya Pratama, ada sebuah penelitian dari The University of the West Indies yang menyatakan bahwa kandungan tanaman dollar bisa membunuh sel leukimia. Namun hasil ini belum bisa digunakan di masyarakat secara umum mengingat ada banyak pengujian dan prosedur yang harus dilakukan untuk menjamin keamanan serta cara penggunaan obat.

Mulai dari sekarang rawat dan tanam kembali tanaman dollar yang sudah anda musnahkan serta sebarkan informasi ini pada yang lainnya juga yah, agar mereka juga jadi ikutan smart. Tahu kalau tanaman dollar tidaklah mengakibatkan leukimia dan mengancam kesehatan manusia.
Diberdayakan oleh Blogger.