Info Terbaru
recent

Menikmati Keindahan Tana Toraja dari Spot Patung Yesus

IDNPortal.com - Setelah sekian lama mendengar kabar berdirinya Patung Yesus di Toraja. Akhirnya IDNPortal berkesempatan untuk mengunjungi secara langsung spot wisata tersebut.
Patung Yesus di Tana Toraja via www.brilio.net
Patung Yesus di Tana Toraja via www.brilio.net
Dengan akses transportasi udara, kami tiba di Bandara International Sultan Hasanudin pada hari Sabtu (26/3/2016) pukul 10 pagi. Begitu keluar kami langsung disambut dengan hawa panas yang sepertinya sudah menunggu kami dari tadi.

Dari bandara kami memilih untuk singgah sebentar ke rumah kerabat salah satu tim yang letaknya tidak jauh dari bandara, mengingat bis ke daerah Makale hanya tersedia pada jam 5-8 pagi dan 7-9 malam.

Usai melepas lelah di persinggahan, kami melanjutkan perjalanan ke Terminal Maros. Di terminal ini, ongkos bis tujuan ke Toraja cukup bervariasi mulai dari 150 ribu Rupiah sampai 250 ribu Rupiah dan ada beberapa hal penting yang harus anda ingat ketika di terminal:
- Jangan mau bila barang bawaan anda dibawakan oleh orang lain.
- Jika tidak mau ketingalan bis tetaplah dekat dengan kantor perwakilan bis yang anda pesan.
- Ada banyak sekali pengamen dan pedagang asongan di terminal, satu anda beri maka teman-temannya yang lain akan datang.
- Awasi barang anda bila tidak ingin tercampur dengan barang orang lain.
-Begitu naik katakan menuju "Terminal Makale yang ada angkot-angkotnya" kepada kernet atau kondektur bis.

Perjalanan ke Makale sangat panjang dan menghabiskan waktu 6 sampai 8 jam. Soal kenyamanan, bis ke Toraja cukup nyaman jadi memungkinkan anda bisa istirahat malam, tapi ingat jangan sampai keterusan, karena bisa-bisa anda sampai ke Rantepao.

Interior bis malam ke Toraja
Interior bis malam ke Toraja
Akses jalan ke Makale juga bagus sekali. Jangan kaget kalau jalannya berkelok-kelok dan turun naik bukit. Bagi yang mabuk darat sebaiknya persiapkan diri anda sebelum berangkat.

Pukul 7 pagi kami tiba di Makale dan langsung memesan (carter) sebuah angkot. Kisaran harga angkot untuk sehari mulai dari 200 ribu Rupiah sampai 450 ribu Rupiah, tergantung negosiasi anda. Ngomong-ngomong soal angkot, di Toraja kendaraan umum ini cukup nyaman sebab mobil yang digunakan adalah mobil pribadi dari supir.

Dari bawah terminal Makale, Patung Yesus sudah terlihat dengan sangat jelas. Rasanya sudah tidak sabar untuk sampai di atas dan memandang 360 derajat Tana Toraja yang dikelilingi perbukitan tinggi. Karna lokasi wisata ini masih baru, maka jalannya juga belum cukup baik dan belum di aspal sepenuhnya, tapi kendaraan roda dua atau roda empat tetap bisa masuk.

Begitu tiba di lokasi, anda harus membayar parkir (motor: 2 ribu Rupiah dan mobil: 5 ribu Rupiah). Memang di tempat wisata ini masih belum ada tiket masuknya, jadi biaya yang dikeluarkan hanya untuk membayar parkir. Tapi kalau spot ini sudah benar-benar jadi, maka harga tiket masuknya diperkirakan akan mencapai 50 ribu Rupiah per orang.

Turun dari angkot anda akan diperhadapkan dengan dua spot wisata. Jika ke arah kanan maka akan menuju ke Patung Yesus, dan ke arah kiri akan menuju ke Patung Bunda Maria dan sebuah makam kuno. Dua spot wisata ini sama-sama indah dan harus ditempuh dengan jalan kaki.

Pemandangan indah dari Patung Yesus dan Tana Toraja dari spot Patung Bunda Maria
Pemandangan senja Tana Toraja dari spot Patung Bunda Maria by Jipo/IDNPortal
Karna spot Patung Yesus sudah sangat dekat jadi tanpa ragu kami langkahkan kaki ke sana. Pemandangan indah dari puncak bukit sangat mengagumkan ditambah dengan udaranya yang segar. Segera kami keluarkan kamera untuk mengabadikan beberapa lokasi, termasuk ikon Patung Yesus.

Hanya saja anda perlu berhati-hati saat mengambil foto, karna spot wisata ini dekat sekali dengan jurang dalam. Beruntung Pemda setempat sudah memberikan pagar pembatas untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Belum sampai disitu ketika perjalanan pulang sambil menuruni tangga, anda juga dapat menikmati pemandangan bukit dari batu kapur yang sangat menarik. Tidak percaya? Silahkan datang langsung membuktikan keindahan Puncak Bukit Buntu Burake, Makale, Tana Toraja, Sulawesi Selatan. Dijamin liburan anda kali ini sangat berbeda.

====================================================
Ingin berbagi kisah perjalanan anda dengan pembaca IDNPortal, silahkan kirimkan tulisan anda ke jipocorp@gmail.com
Diberdayakan oleh Blogger.