Info Terbaru
recent

Pengalaman Berlibur ke Pantai Balekambang yang Tak Akan Terlupakan

Ulasan lengkap wisata Pantai Balekambang di Malang, Jawa Timur serta informasi harga tiket masuk dan rute jalannya.
IDNPortal.com - Malam yang memudar dan udara yang dingin membangunkan kami untuk berangkat menuju Pantai Balekambang yang ada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kami pun bersiap dan memastikan segala peralatan dan barang bawaan tidak ada yang tertinggal.
pengalaman berlibur ke pantai balekambang malang
Pesisir Pantai Balekambang
Fix, kami berangkat ketika jam sudah menunjukkan pukul 5 pagi. Perjalanan kali ini cukup jauh dan membutuhkan waktu paling lama dua setengah jam. Kita juga harus waspada karna akses jalannya yang berkelok-kelok dan terkadang bertemu dengan truk pengangkut tebu atau pasir. Selain itu pastikan juga menjaga jarak aman antara kendaraan.
pengalaman berlibur ke pantai balekambang malang
Hamparan pasir di Pantai Balekambang
Selama perjalanan kami disuguhkan pemadangan yang indah sekali. Mulai dari sawah, gunung, sungai bahkan hutan yang masih hijau. Rasanya sudah tidak sabar untuk segera sampai di Pantai Balekambang.

Akhirnya kami pun tiba di lokasi pada pukul 7:25, meski letih dan kantuk tapi semua itu tiba-tiba saja sirna begitu melihat pemandangan indah di Pantai Balekambang. Ombak dan warna lautnya yang biru sangat eksotis untuk diabadikan melalui kamera. Kami pun sempat berfoto bersama untuk menambah koleksi pribadi.

pengalaman berlibur ke pantai balekambang malang
Pesona Pura Amarta Jati dari bibir pantai
Puas bermain-main di pesisir pantai tidak lupa kami mengunjungi Pura Amarta Jati yang berdiri di Pulau Ismoyo, bagian barat Pantai Balaikambang. Menurut kami keindahan maskimal 'mahkota kecil' ini sangat terasa pada dua waktu berikut, yaitu jam 6-8 pagi dan jam 3-5 sore. Sinar matahari yang sedang berwarna kuning keemasan menjadi nilai tambah panorama alam yang tak terlupakan ketika mengunjungi Pura.
pengalaman berlibur ke pantai balekambang malangv
Batu karang dibawah jembatan Pura Amar Jati
Lalu di puncak Pura kita bisa melihat semua bibir Pantai Balekambang dan Pantai Tanjung Sirap. Bahkan disediakan juga fasilitas flying fox bagi yang suka dengan tantangan dan adrenalin. Untuk akses jalan menuju Pantai Tanjung Sirap akan langsung terlihat begitu melewati jembatan pertama ke arah Pura.
pengalaman berlibur ke pantai balekambang malang
Pura Amarta Jati
(Baca juga: 11 Kuliner Bakso yang Wajib Kamu Kunjungi Bila ke Malang)


pengalaman berlibur ke pantai balekambang malang
Pemandangan Pantai Tanjung Sirap dari Pura Ambar Jati
Untuk rincian biaya ada dibawah ini:
Harga tiket masuk
- Rp 10.000,- per orang

Harga tiket parkir:

- Rp 10.000,- untuk mobil
- Rp 5.000,- untuk motor

Harga penggunaan kamar mandi:

- Rp 2.000,- buang besar dan kecil
- Rp 3.000,- untuk mandi

Harga tiket flying fox:

- Rp 20.000,- per orang

Harga tiket masuk ke Pantai Tanjung Sirap:

- 5.000,- per orang


Jalur menuju Pantai Balekambang paling cepat:

Catatan penting lainnya:

Pantai Balekambang padat peziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil pada tanggal 1 Sya'ban dan setiap menjelang hari Nyepi umat Hindu akan melakukan ritual Melasti dan Jalanidhipuja.

(Baca juga: 15 Oleh-Oleh Khas Malang yang Awet Dibawa Pulang)

Kabar baiknya Pemerintah Kabupaten Malang sudah membuka akses jalan menuju pantai Kondak Merak, Pantai Bajul Mati, Pantai Goa Cina dan Pantai Sendang Biru dari Pantai Balekambang. Waktu tempuhnya pun lebih singkat, lebih cepat dan lebih nyaman daripada jalur sebelumnya. Selamat berlibur.
Diberdayakan oleh Blogger.