Info Terbaru
recent

Buka Puasa: Menu Takjil di 4 Negara Muslim Bikin Iler Netes Nggak Karuan

Takjil favorit yang sering dibuat di empat negara muslim. Kamu bakal ngiler deh lihatnya pas puasa.
IDNPortal.com - Takjil merupakan makanan pembuka yang laris dibeli oleh konsumen kala bulan puasa berlangsung. Rasanya yang manis dan menyegarkan menjadi pilihan utama untuk melepas dahaga, seperti es campur atau es cendol di Indonesia.

Lantas gimana yah dengan takjil di negara lain, apakah juga enak dan menyegarkan? Penasaran seperti apa bentuknya? Berikut takjil favorit dari berbagai macam negara yang kami lansir dari Selipan,


Menu Pembuka yang Sering Dibuat di 4 Negara Muslim

menu pembuka yang sering dibuat di 4 negara muslim
Aseeda. Foto: Flickr
1. Takjil dari Sudan: Aseeda
Dibuat dari tepung gandum kemudian topingnya biasa dari campuran madu dan mentega. Makanan ini biasanya sebagai pelengkap minum teh atau yoghurt kala berbuka tiba.

(Baca juga: 7 Minuman Takjil yang Sering Diburu Ketika Berbuka, Salah Satunya Pasti Kesukaanmu!)


menu pembuka yang sering dibuat di 4 negara muslim
Qatayef. Foto: Stuningplace
2. Takjil dari Yordania: Qatayef
Bentuknya mirip seperti pastel cuma yang bikin beda adalah isi dan lapisan luarnya. Isi qatayef terdiri dari dua bahan sederhana, yaitu gula dan kacang kenari. Sedangkan bagian luarnya diberi lapisan madu. Rasanya pun enak dan manis, jadi tidak heran kalau orang sana sangat menyukai jajanan satu ini.


menu pembuka yang sering dibuat di 4 negara muslim
Gullac. Foto: Balko3
3. Takjil dari Turki: Gullac
Merupakan puding yang diberi rasa sari mawar. Sedangkan bagian atasnya ditaburi dengan kacang kenari (bisa kacang almond) dan buah segar macam stroberi atau berry merah. Kelembutannya pudingnya langsung merasuk begitu masuk ke dalam mulut. Percaya deh!

(Baca juga: Bahaya serius yang Bakal Kamu Dapatkan Jika Langsung Tidur Setelah Sahur)


menu pembuka yang sering dibuat di 4 negara muslim
Sawine. Foto: Google+
4. Takjil dari Karibia: Sawine
Bagi masyarakat Karibia, takjil satu ini adalah menu andalan ketika buka puasa. Rasa bihunnya manis dan menghangatkan badan, sebab dicampur dengan susu, jahe dan kayu manis sebagai kuahnya. Selain itu terdapat tambahan kacang almond atau kacang kenari sebagai pelengkap terakhir. Bikin penasaran yah kelezatannya takjil ini seperti apa!

Gimana, kelihatan enak banget kan! Jadi kepingin berat deh nyobak semuanya. Kalau kamu?
Diberdayakan oleh Blogger.