Info Terbaru
recent

Bekerja Sambil Mendengarkan Musik, Ini Manfaat yang Bakal Kamu Dapatkan

IDNPortal.com - Musik memiliki genre yang bermacam-macam dan sering didengarkan oleh seseorang bila merasa bosan, galau atau bahkan sedang stres. Jadi jangan heran kalau alunan musik bisa merubah mood dan emosi orang jika sudah nempel di telinga. Apalagi kalau musik tersebut adalah musik kesukaan. Penelitian membuktikan bahwa musik ternyata berperan besar dalam meningkatkan produktifitas dan merubah kepribadian manusia lho. Mungkin anda salah satunya?

Manfaat positif bekerja sambil mendengarkan musik

manfaat mendengarkan musik sambil bekerja
Manfaat mendengarkan musik sambil bekerja (sumber)
Menurut keterangan dari dr. Nitish Basant Adnani dari laman Klikdokter.com, semakin seseorang suka dengan suatu lagu maka tubuhnya akan mengeluarkan hormon dopamin dalam jumlah yang cukup banyak. Hormon ini sangat berperan dalam pusat kenikmatan otak dan merubah mood.

Hal serupa juga sering terjadi bila anda mengkonsumi makanan/ minuman favorit atau mengobrol asik dengan teman karib.

Baca juga: 6 manfaat positif jika sering lari pagi

Tidak hanya itu kelebihan mendengarkan musik saat bekerja membuat anda tetap fokus meski keadaan ruangan kerja kurang kondusif, meski begitu anda tidak disarankan mendengarkan musik terlalu lama. Sebab kesan anda jadi terlihat 'tertutup' dan tidak peduli dengan orang lain atau lingkungan sekitar.

Baca juga: Bagaimana memperbaiki mood yang kacau?

Dokter Nitish juga menegaskan bahwa durasi waktu yang baik untuk mendengarkan musik saat bekerja tidak bolah lebih dari 30 menit. Oleh sebab itu dengarkan musik yang anda sukai saja dalam kurun waktu tersebut.

So, kalau anda merasa produktifitas menurun dan kurang bersemangat cobalah sekali-kali mendegarkan musik sambil bekerja. Semoga bermanfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.