Info Terbaru
recent

Telapak Tangan Berkeringat, Apakah Pertanda Lemah Jantung?

IDNPortal.com - Tidak melakukan aktifitas apapun tapi telapak tangan penuh dengan keringat terkadang diasumsikan oleh masyarakat sebagai tanda penyakit jantung. Nyatanya berdasarkan keterangan dari pihak medis hal ini tidak terbukti secara klinis dan hanya mitos belaka, sehingga tidak perlu dipercayai dan diteruskan kepada orang lain. 
Telapak Tangan Berkeringat, Apakah Pertanda Lemah Jantung?
Tangan mudah berkeringat bukan pertanda lemah jantung via Vemale
Telapak tangan berkeringat (satu atau dua-duanya) bisa jadi pertanda seseorang mengalami primary focal hyperhidrosis. Kondisi dimana seseorang mengalami keringat berlebih di satu bagian tubuh. misalnya di hidung, telapak tangan, kepala, telapak kaki, ketiak atau di bagian pangkal paha. Selain itu yang paling penting kondisi ini tidak berbahaya atau mengancap keselamatan hidup manusia.

Ada juga yang bilang kalau telapak tangan berkeringat itu akibat reaksi obat atau gejala paru-paru basah. Ini juga belum terbukti kebenarannya bahkan telapak tangan mudah berkeringan bukanlah gejala terkena paru-paru basah.

Seseorang yang mengalami keringat berlebih pada dasarnya sehat. Hanya saja pengeluaran keringatnya yang berlebihan, seperti yang kami lansir dari Alodokter.

Terus apa pemicu keringat kok bisa keluar secara berlebihan? Sampai saat ini pihak medis belum menemukan secara pasti alasan kenapa keringat tersebut keluar secara berlebihan. Namun beberapa peneliti berasumsi kalau saraf yang mengontrol kelenjar keringat tidak berfungsi secara optimal. Jadi kalau anda terlalu bersemangat, gugup, waspada, takut, kepanasan, makan sesuatu yang pedas atau mengalami perubahan hormon. Keringat akan keluar secara berlebihan di tubuh anda, contohnya di telapak tangan.

Lebih lanjut faktor genetik ternyata memiliki peranan kenapa seseorang bisa mengalami keringat berlebih. Coba cek silsilah keluarga anda pasti diantara mereka ada yang bernasib sama seperti anda. Kondisi bisa muncul pertama kali sejak masih kanak-kanak atau setelah berumur 25 tahun, namun yang pasti semua orang (apapun jenis kelaminnya) memiliki potensi mengalami keringat berlebih.

Baca juga:
Banyak minum air putih bisa sebabkan kegemukan? Fakta atau Mitos
Tanaman dollar bukan penyebab kanker darah! Ini buktinya
> Alasan Mengapa penderita kanker paru sukar disembuhkan

Terus bagaimana cara mengatasi keringat berlebih? (1) Hindari dan kendalikan penyebab yang bisa membuat keringat keluar secara berlebih, seperti rasa grogi, gugup, takut atau karna mengkonsumsi makanan pedas. (2) Mengunakan salep (aluminum chloride hexahydrate) yang bisa membuat pori-pori keringat tidak cepat membuka, namun kalau terlalu sering digunakan efek sampingnya bisa membuat sel-sel menyusut. (3) Melakukan langkah iontiphoresi, tapi cara ini memiliki resiko kesemutan. (4) Pengangkatan kelenjar keringat atau pemotongan saraf dibagian tulang belakang. Cara ini memiliki resiko yang sangat tinggi dan jarang sekali dilakukan.

Untuk itu sangat disarankan bagi anda yang resah dengan keringat berlebih agar berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan langkah nomor dua (2) sampai nomor empat (4).

Jadi masih percaya kalau telapak tangan berkeringat pertanda sakit jantung atau paru-paru basah? Bila anda merasa info ini sangat penting silahkan disebarkan pada rekan yang lain biar ikutan smart. Semoga bermanfaat
Diberdayakan oleh Blogger.