Info Terbaru
recent

10 Macam Kurma yang Terkenal Karna Kelezatannya

jenis buah kurma yang paling laris dicari oleh masyarakat ketika bulan Ramadhan
IDNPortal.com - Saat bulan Ramadhan, buah kurma selalu dicari oleh kebanyakan masyarakat Indonesia untuk berbuka puasa. Selain bisa mengganti energi tubuh yang hilang, buah kurma juga memiliki manfaat yang baik untuk menjaga organ tubuh mulai dari usus, otak hingga organ jantung.
Kurma merupakan kudapan yang paling banyak dicari saat bulan puasa
Kurma merupakan kudapan yang paling banyak dicari saat bulan puasa
Bicara soal kurma, tahukah anda bahwa di seluruh belahan bumi ada 10 jenis kurma yang terkenal dan paling banyak dicari karena kelezatannya. Melansir dari Kompas.com, berikut jenis-jenisnya di bawah ini.

10 Jenis kurma paling disukai masyarakat dunia ketika bulan Ramadhan


1. Thoory

Populer di negara Aljazair dan sering disebut sebagai "thuri". Daging buahnya agak keras dan kalau dimakan seperti ada campuran rasa kacangnya. Warnanya daging buah coklat kemerahan dan berubah menjadi agak biru-kebiruan kalau sudah diawetkan. Jenis ini sangat mudah anda dapatkan di Indonesia.

2. Amer Hajj
Karena sering disajikan untuk tamu oleh masyarakat Irak. Buah kurma ini juga disebut sebagai "visitor's date". Dagingnya cukup tebal namun memiliki tekstur yang lembut.

3. Ajwa
Tumbuh subur di wilayah Madina dan dikenal oleh banyak orang sebagai "kurma nabi". Warnanya hitam pekat dan bertekstur lembut. Rasanya tidak terlalu manis dan lebih menyerupai kismis.

4. Sakkeri
Harganya termasuk mahal bila dibandingkan dengan jenis kurma yang lain. Warnanya coklat gelap dan daging buah yang lembut serta bercitara manis yang sangat khas.

5. Zaghloul

Harganya cukup mahal dan paling banyak ditemukan di Mesir. Warna daging buah merah tua dan bentuknya mirip seperi melinjo. Kandungan gula pada kurma zaghloul sangat tinggi dan bisa mengering saat dimakan.

6. Mozafati
Julukan lain untuk mozafati adalah "kurma bam" dan banyak tumbuh di provinsi Kerman, Irak. Warnanya daging buah gelap dengan cita rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Bentuk buahnya tidak terlalu besar alias sedang. Kalau ditaruh dalam suhu minus lima derajat, kurma ini bisa tahan (awet) sampai dua tahun jika disimpan.

7. Deglet Noor

Populer di negera Libya, Amerika, Algeria dan Tunisia. Karna warna buahnya mirip seperti sinar sang surya makanya diberi nama "noor" atau cahaya. Untuk rasa kurma deglet noor tidak terlalu manis.

8. Sekki
Cita rasanya memang tidak terlalu manis tapi memiliki bentuk yang sangat unik. Bagian atas buah berwarna kekuningan agak keras sedangkan warna bagian bawahnya kecoklatan dengan tekstur yang empuk dan juga kenyal.

Baca juga: Tips memilh buah kurma yang enak dan berkualitas

9. Khalasah
Jenis yang ini paling terkenal di negara Arab Saudi dan tumbuh subur di Huffuf dan Qatif. Rasanya tidak terlalu manis tapi banyak dicari masyarakat. Khlas merupakan nama lain dari kurma yang satu ini.

10. Khidri
Jenis yang satu ini sering sekali dicampur dengan coklat, almond atau bahan lainnya untuk dijadikan olahan. Daging buah berwarna merah tua dan rasanya manis. Untuk tekstur kenyal dan kering.

Itulah 10 jenis kurma yang paling banyak dicari masyarakat dan juga terkenal dengan kelezatannya.
Diberdayakan oleh Blogger.