Info Terbaru
recent

Rebusan Air Daun Bambu Bisa Normalkan Asam Urat

Obat alami untuk menurunkan asam urat berlebih
IDNPortal.com - Asam urat sebenarnya bukanlah suatu penyakit tapi merupakan hasil akhir dari metabolisme purin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk inti sel. Kandungan ini dibutuhkan tubuh hanya sedikit dan sisanya dibuang melalui urin (70%) dan feses (30%). Penyebab utama asam urat tidak normal adalah pola hidup yang tidak sehat. Salah satu faktor utamanya adalah mengkonsumsi terlalu banyak (sering) mengkonsumsi jeroan, emping (keripik belinjo), sarden dan alkohol.
rebusan-air-daun-bambu-bisa-normalkan-asam-urat
Rasa nyeri pada sendi lutut via Metrotvnews.com
Jika sering mengkonsumsi alkohol maka fungsi ginjal akan menurun dan membuat asam urat menumpuk. Bila sudah berlebih maka asam urat akan berpadu dengan natrium membentuk kristal natrium urat pada persendian tulang (Jaringan lunak), lalu mengendap atau yang dinamakan topus. Akibatnya terjadi peradangan yang ditandai dengan rasa nyeri pada persendian tangan, kaki atau lutut.

Supaya asam urat reda para pasien diberikan obat antipembengkakan, pereda sakit dan penurun asam urat oleh dokter. Obatnya pun bermacam-macam tergantung dari resep. Namun bagi anda yang suka dengan obat herbal dianjurkan untuk mengkonsumsi daun bambu.
rebusan-air-daun-bambu-bisa-normalkan-asam-urat
Daun bambu kering via Bebeja.com
Menurut Mochammad Yusuf yang ahli dalam bidang pengobatan Tiongkok di Sukabumi, Jawa Barat mengatakan bahwa daun bambu yang bagus untuk menurunkan asam urat adalah yang masih muda. Daun tersebut dikeringkan dengan cara dijemur supaya getahnya hilang. Begitu kering daun masih harus digesek-gesek terlebih dahulu agar bulu halus yang gatal rontok baru kemudian direbus bersama air.
rebusan-air-daun-bambu-bisa-normalkan-asam-urat
Air rebusan daun bambu via Bebeja.com
Cara merebusnya juga gampang sekali untuk anda lakukan. Ambil segengam daun bambu dan rebus bersama tiga gelas air hingga menjadi dua gelas. Air rebusan tersebut bisa anda minum dua kali sehari baik pagi atau sore. Yusuf juga mengatakan bahwa kandungan zat daun bambu bersifat diuretik yang mampu mempercepat ekskresi asam urat di ginjal dan juga bersifat antioksidan. Sumber: Bebeja.com

Silahkan disebarkan pada keluarga atau kerabat yang sedang membutuhkan pengobatan. Semoga ramuan daun bambu ini bisa menjadi manfaat.
Diberdayakan oleh Blogger.