Info Terbaru
recent

Tips Travelling: Cara Memulihkan Tubuh dari Jetlag

IDNPortal.com - Traveling ke luar negeri memang hal yang menyenangkan. Tapi jangan lupa, bahwa kita akan menghadapi lintas zona waktu yang akan membuat tubuh kita jetlag. Jetlag merupakan kondisi tubuh yang "kaget" dan "bingung" karena bereaksi dan menstabilkan diri. Perasaan aneh ini akan membuat anda kehilangan nafsu makan, lesu, dan sulit menyesuaikan diri. Nah, berikut ini IDNPortal akan memberikan tips bermanfaat untuk memulihkan tubuh dari jetlag:
tips-travelling-cara-mengatasi-jetlag
Kondisi Jetlag yang biasa dirasakan setelah lintas zona waktu
1. Olahraga Rutin
Berbeda halnya dengan orang yang rutin olahraga, saat melakukan travelling ke luar negeri, dia tidak akan merasakan jetlag yang terlalu parah. Meskipun anda bukanlah seorang yang rutin berolahraga, namun menjelang perjalanan ke luar negei sebaiknya anda berolahraga ringan sebentar untuk mengurangi dampak jetlag nantinya.

2. Mencoba Menyesuaikan Diri

Mau tidak mau, kita harus mencoba menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru. Tidurlah lebih awal untuk menangani jetlag. Namun jangan memaksakan diri jika tidak berhasil. Beristirahatlah lebih banyak sebagai penggantinya.

3. Banyak Minum Air Putih dan Sering Bergerak

Minumlah banyak air putih selama penerbangan dan sesekali berjalanlah di sekitar pesawat terutama jika perjalanan yang ditempuh sangat panjang. Hal ini penting supaya tubuh terutama kaki tidak kaku dan membuat kita selalu segar.

4. Mendapatkan Udara Segar

Mendapatkan udara segar bisa kita dapatkan dari cahaya alami dengan membuka tirai jendela saat perjalanan dalam pesawat.

5. Jangan Minum Alkohol

Minum alkohol saat penerbangan justru akan membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk. Dengan perubahan zona waktu yang anda, ritme sirkandian tubuh dan jam biologis yang mempertahankan pola tidur akan kacau. Oleh karena itu, hindarilah minum alkohol saat penerbangan.

Nah, sekarang kita sudah tahu cara memulihkan tubuh dari jetlag. Selamat travelling bagi anda yang akan melakukannya.
Diberdayakan oleh Blogger.