Info Terbaru
recent

Mengapa Kesembuhan Penderita Kanker Paru Sangat Rendah

tanda-tanda kanker paru, gejala kanker paru, mencegah terkena kanker paru
IDNportal.com
- Kanker paru-paru merupakan salah satu dari sekian banyak penyakit mematikan yang menyerang manusia dengan tingkat kesembuhan 16 sampai 18 persen. Walaupun angka kesembuhan peyakit ini sangat kecil namun ada beberapa penderita yang mampu melaui dan bertahan hidup dari serangan kanker tersebut.



Batuk berdarah via pedulisehat.info
Batuk berdarah via pedulisehat.info
Berdasarkan jenisnya dan cara penyebarannya, kanker paru ada dua macam. Yang pertama ialah kanker paru no sel kecil atau non-small cell lung cancer (NSCLC) dan yang kedua kanker paru sel kecil atau small cell lung cancers (SCLC).

Kebanyakan usia penderita kanker paru pada jaman dahulu paling banyak di dominasi oleh 55 tahun keatas dan faktor penyebab utamanya adalah menghirup zat berbahaya dari asap yang terkandung di dalam rokok.

Mengapa Kesembuhan Penderita Kanker Paru Sangat Rendah? Hal ini dikarenakan gejala awal kanker tidak terlalu terlihat saat masih stadium awal. Seiring perkembangan waktu gejala tersebut mulai nampak dengan tanda sebagai berikut: batuk yang tidak sembuh dan makin buruk, sesak nafas, batuk berdarah, sakit pada dada, kehilangan berat badan dan juga letih setiap saat.

Gejala ini mulai diketahui ketika penderita sudah mencapai stadium 3 atau 4. Padahal bila diketahui lebih awal tingkat kesembuhannya bisa jauh lebih tinggi sekitar 40-50 persen.

Pengobatan kanker paru-paru

Untuk mengobatinya para penderita kanker paru harus menjalani berbagai treatment mulai dari pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi dan juga metode eksperimental baru.

Hanya saja karena faktor biologis kanker bisa berbeda-beda pada setiap penderita. Ada yang menyebar dengan sangat cepat dalam hitungan hari, ada juga yang menyebar dengan sangat perlahan tanpa memerlukan pengobatan.

Selain itu kanker ini bisa menyebar ke bagian tubuh yang lain dan mengalahkan kecepatan operasi dan radiasi tercanggih manapun. Itulah sebabnya mengapa setiap manusia disarankan untuk menjahui kebiasaan merokok, lingkungan perokok dan juga polusi.

Kalau anda merupakan perokok aktif atau perokok pasif disarankan untuk memeriksa diri bila mengalami ganguan sistem pernafasan tanpa sebab yang tidak jelas.

Sumber: Kompas.com
Diberdayakan oleh Blogger.