Info Terbaru
recent

Ngeri Banget, Tembang Jawa Ini Mampu Memanggil Setan

IDNPortal.com - Ada beragam kepercayaan dan ritual mistis yang tersebar di seluruh pulau Jawa, termasuk diantaranya lagu pemanggil arwah setan. Sebelum ke topik pembahasan, IDNPortal mau ngasih peringatan terlebih dahulu. Konon katanya lagu-lagu ini kalau kamu nyanyikan bisa membawa petaka buruk dalam kehidupanmu. Ada anggapan yang bilang kalau kedua lagu ini seperti 'kontrak' dengan makhluk gaib dan susah banget lepasnya, bahkan nyawa bisa jadi taruhan. Penasaran seperti apa, berikut penjelasan lengkapnya dibawah ini

Lagu pemanggil setan yang paling terkenal di Indonesia


1. Lagu Jelangkung

ngeri-tembang-jawa-ini-mampu-memanggil-roh-halus-jelangkung
Sumber gambar: appipatongai.wordpress.com
Dulu waktu masih SMP penulis pernah melakukan ritual pemanggilan jelangkung bersama teman-teman,  meski tidak berhasil sempurna tapi suasana yang penulis rasakan waktu itu begitu mencekam. Kalau ritualnya berhasil maka patung tersebutakan bergoyang secara sendirinya kemudian menulis sesuatu. Kamu bisa tanya apa saja yang kamu mau. Sekali lagi, ritual ini sangat tidak direkomenasikan buat teman-teman semua, karna resikonya sangat mengancam. Banyak pelaku yang tidak menyelesaikan ritual sering kali kesurupan dan berubah menjadi gila.

Kalau lagunya dalam bahasa indonesia seperti ini:
"Jelangkung jelangsat, disini ada pesta...pestanya kecil-kecilan. Datang tak diundang. Pulang tak diantar..."
Kalau versi bahasa Jawanya yang asli seperti ini:
"Hong Hiyang Ilaheng Hen Jagad Alusan Roh Gentayangan Ono’e Jaelangkung Jaelengsat siro Wujud’e Ning kene Ono Bolon’e Siro Wangsul Angslupo Yen Siro Teko Gaib Wenehono Tondo Ing Golek Bubrah Hayo Enggalo Teko Pangundango Hayo Ndang Angslupo Ing Rupo Golek Wujud..Wujud..Wujud"
Kalo dipikir-pikir, apakah mungkin arwah setan itu benar-benar sudah kembali ke alamnya jika ritualnya sudah selesai? Jadi agak ngeri kan kalau si arwah ternyata masih ada disekeliling kita.

Baca juga
: Ngeri! ada penampakan setan di dalam kamar tidur


Menurut sejarahnya di masa lampau, lagu ritual ini digunakan oleh para penduduk desa untuk menanyakan bahaya apa yang bakal menyerang desa dan kapan waktu panen akan tiba.

2. Lingsir Wengi

Sumber gambar: kaskus.co.id 
Pengarang lagu lingsir wengi sampai saat ini tidak diketahui siapa penciptanya. Menurut kepercayaan orang jawa, kalau lagu ini sampai kamu nyanyikan maka secara tak langsung kamu sedang mengundang arwah penasaran untuk masuk ke dalam tubuh kamu. Lebih parahnya lagi arwah ini bisa membawa jiwa kamu ke alam gaib tempat ia berada.
"Lingsir wengi sliramu tumengki sirno ojo tangi nggomu guling awa jo ngetoro saya lagi bang wingo-wingo jin setankang tidakutus dadyo sebarang wojo Lelayu sebet"
Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia maka hasilnya bikin bulu kuduk ikut merinding. 
"Mendekati malam, dirimu/bayangmu mulai pupus jangan lah terbangun dari tidurmu, awas. Jangan tampak (kelihatan/menunjukkan diri), saya tengah gelisah. Jin setan, ku perintahkan jadilah apa pun, tetapi jangan membawa maut."
Neremin banget kan, bener-bener ngundang si setan supaya datang. Terlepas dari pro dan kontra,  isi lagu ini juga bermakna minta ditemani oleh si setan.

Baca juga: Hantu perpus: Sudah ngantuk apa sudah tahu


Boro-boro ditemani setan, mending sama Tuhan aja deh lebih aman kalau kamu sendirian. Dalam lagu ini memang dikatakan setan jangan membawa maut, tapi kamu yakin si arwah bakal menepati janji. Yakin 100 persen kalau dia nggak bawa hal aneh nan ganjil saat bertemu kamu.

Berdasarkan informasi dari seseorang yang tidak mau disebutkan namanya,  
sosok pertama yang bakal mendatangi kamu saat menyanyikan lagu ini pada malam jumat adalah kuntilanak. Sangking mistisnya, pelaku yang dihantui bisa sampai gila dan sering kesurupan. Sekali lagi penulis tidak bertanggung jawab kalau kamu mau mencoba dan terbawa oleh rasa penasaran  setelah membaca artikel misteri ini.
Diberdayakan oleh Blogger.